Rabu, 15 Mei 2019

Apakah benar al-Qur’an diturunkan kepada nabi Muhammad SAW pertama kalinya tepat pada tanggal 17 Ramadhan?

Pertanyaan :
Apakah benar al-Qur’an diturunkan kepada nabi Muhammad SAW pertama kalinya tepat pada tanggal 17 Ramadhan?

Jawaban :
Selama ini berkembang di kalangan masyarakat bahwa al-Qur’an itu turun pertama kalinya pada tanggal 17 Ramadhan, jika kita telaah mengenai pendapat ini, maka pendapat ini bersumber dari seorang sejarwaran yang bernama Muhammad bin Ishaq  sebagaimana dikutip oleh seorang sejarawan juga yang bernama Ibn Hisyam, yang kemudian pendapat ini dipopulerkan oleh Syeikh Muhammad al-Khudhari dalam kitabnya Tarikh al-Tasyri’ al-Islami, atau bisa diartikan dengan Sejarah Pembinaan Hukum Islam.

Syeikh Muhammad al-Khudhari berpendapat bahwasanya al-Qur’an diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan berlandaskan dengan firman Allah SWT pada surah al-Anfal ayat 41 :

إن كنتم آمنتم باالله وما أنزلنا على عبدنا يوم الفرقان ويوم التقى الجمعان (الانفال 41)

Artinya, “ Jika kalian beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba kami pada hari Ferqan, yaitu hari bertemunya dua pasukan.” ( al-Anfal : 41 )

Menurut dua sejarawn ini, hari bertemunya pasukan yaitu pasukan kaum muslim dan kaum kaum kafir itu terjadi pada tanggal 17 Ramadhan dari tahun kedua Hijriah. Dan yang dimaksud dengan hari Furqan adalah hari yang mana al-qur’an diturunkan pertama kalinya. Maka kedua hari itu secara bertepetan jatuh pada hari jum’at pada tanggal 17 Ramdahan meskipun tahunnya berbeda.

Maka dari pendapat yang di atas ini banyak para kalangan ulama yang tdak setuju dangan al-Khudhari ini, diantaranya ialah Syeikh Muhammad Abd  al-‘adhim al-Zurqani. Dalam kitabnya Manahilul Irfan fi Ulumil Qur’an, beliau mengatakan bahwa yang dimaksud dengan apa yang kami turunkan kepada hamba kami pada hari Furqan ( al-Anfal, 41 ) adalah wahyu, malaikat dan kemenangan. Ayat itu tidak menunjukkan kepada tanggal 17 Ramadhan.

Namun yang lebih benar ialah, ada hadis yang dapat menepis pendapat yang mengatakan bahwa al-Qur’an diturunkan pertama kalinya pada tanggal 17 Ramadhan, yaitu hadis yang berbunyi :

أنزلت صحف إبراهيم أول ليلة من شهر رمضان وأنزلت التوراة لست مضت من رمضان وأنزل الإنجيل لثلاث عشرة مضت من رمضان وأنزل الزبور لثمان عشرة خلت من رمضان وأنزل القرآن لأربع وعشرين خلت من رمضان.
( رواه الإمام أحمد و الطبراني والبيهقي )

Artinya, "Naskah-naskah Ibrahim diturunkan pada malam pertama bulan Ramadhan, Taurat diturunkan pasa tanggal enam bulan Ramadhan, Injil diturunkan pada tanggal tiga belas bulan Ramadhan, Zabur diturunkan pada tanggal delapan belas bulan Ramadhan, dan al-Qur'an diturunkan pada tanggal dua puluh empat bulan Ramdhan". 
(HR Imam Ahmad, Thabrani, dan al-Baihaqi).
                                                                                                                   

Kesimpulan :
Awal kalinnya al-Qur’an diturukan menurut pendapat yang paling benar ialah pada tanggal dua puluh empat Ramadhan berdasarkan hadis yang telah dipaparkan sebelumnya, bukan pada tanggal 17 Ramadhan sebagaimana pendapat yang sering beredar di kalangan masyarakat.

والله أعلم باالصواب

0 komentar:

Posting Komentar