Rabu, 15 Mei 2019

Resensi Buku "Islam Tanpa Ekstremisme"


Resensi buku “Islam Tanpa Ekstremisme”

Judul Buku : ISLAM TANPA EKSTREMISME
Pengarang   : Mustafa Akyol
Penerbit       : PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia
Tahun Terbit    : 2014
Jumlah Halaman : 363 Hal

Setelah menelaah buku ini, saya sangat mendukung sekali dengan apa yang dikatakan oleh Kris Alan Mauren bahwasnya, buku ini harus dibaca oleh orang-orang Amerika dan juga seluruh kaum beragama yang berkomitmen. Hal ini semua bertujuan agar mereka semua yang beranggapan bahwa agama islam adalah agama kekerasan, agama teroris, itu tidak salah paham semata.
Islam adalah agama yang mempunyai tujuan rahmatan lil’alamin, yang mana datangnya islam ke muka bumi itu tidak hanya tertuju ada suatu kelompok saja, akan tetapi datangnya islam ke muka bumi ini untuk seluruh kelompok yang berada di muka bumi ini, tanpa memandang dari hal apapun itu.
Islam sama sekali tidak pernah mengajarkan kekerasan, bahkan ketika peperanganpun, Rasulullah SAW melarang untuk membunuh orang yang tua renta, anak-anak kecil, dan tempat peribadatan non muslim.
Adapun mereka yang beranggapan bahwasnya islam adalah agama kekerasan, agama ekstremisme, agama teroris, maka hal ini semua datangnya bukan dari agama itu sendiri, akan tetapi hal ini datang dari beberapa yang faktor, baik itu dari kelompok internal yang tidak menjalankan syariat islam dengan benar dan atas pemahaman yang keliru, sehingga diklaim oleh orang-orang barat ataupun para orientalis sebagai agama yang ternilai negatif,atauun disebabkan dari kelompok eksternal itu sendiri yang memang dari awal ingin menghancurkan agama islam.
Maka peran kita sebagai umat muslim terkhususnya ialah:
1.      Meluruskan sebisa mungkin pemahaman-pemahaman yang keliru.
2.      Menimba pendidikan dari guru yang mana keabsahan ilmunya sudah tidak diragukan kembali.
3.      Menjalankan syariat islam berdasarkan al-quran dan sunnah agar tidak terjadi fitnah.

0 komentar:

Posting Komentar